Contoh Penulisan Ilmiah Bab3

Thursday 18 April 20130 comments


III. ANALISA DAN PEMBAHASAN

Pada bab ini penulis akan membahas lebih dalam mengenai pembuatan Aplikasi Doa Harian Anak Muslim pada Android dengan Plugin Eclipse menggunakan SDK android untuk menjadi emulatornya. Dalam proses perancangan pembuatan Aplikasi Doa Harian Anak Muslim pada mobile ini terdiri dari beberapa tahap, yaitu tahap rancangan tampilan
Pada tahap Analisa Program akan menjelaskan gambaran umum dari Aplikasi Doa Harian Anak Muslim pada Android. Selanjutnya tahap Pembuatan Aplikasi yaitu dengan membuat codding dan sesuaikan dengan mengimplementasikan rancangan yang telah dibuat sebelumnya menjadi aplikasi yang dapat digunakan pada media komunikasi bergerak pada khususnya mobile, yaitu mobile yang berbasiskan Android sebagai sistem operasinya. Pegujian dilakukan pada emulator android sebelum langsung diinstal pada mobile. Dibawah ini adalah gambaran jelas tahap-tahap yang akan dibuat.
Gambar 3.1 Tahap Pembuatan Aplikasi Doa Harian Anak Muslim

3.1  Analisa Program
Pada Analisa Program penulis  akan menjelaskan tentang  gambaran umum dari aplikasi Doa Harian Anak Muslim ini. Aplikasi ini diperuntuhkan untuk anak yang ingin belajar ataupun menghafal doa sehari-hari. Penggunaan aplikasi ini bisa digunakan kapan saja asalkan pengguna sudah mempunyai media untuk menginstalnya kedalam sebuah mobile Android yang sesuai dengan versi  yang dibuat pada aplikasi ini yaitu sistem operasi Android 2.2 (Froyo:Frozen Yogurt) dan juga dapat digunakan pada sistem operasi diatasnya.
Aplikasi Doa Harian Anak Muslim terdiri dari 24 doa harian anak muslim disertai dengan audio doa. Aplikasi ini akan sangat membantu bagi anak yang baru belajar doa-doa harian.

3.2  Perancangan Aplikasi
Aplikasi Doa Harian Anak Muslim berisi 24 doa sehari-hari yang disertai dengan arti dan audio doa. Pengguna dapat melihat menu doa tersebut dalam bentuk Imagebutton dan tampilan isi doa mengunakan ImageBackground.
Aplikasi ini dibuat untuk membantu pengguna mendapatkan pengetahuan tentang doa, diharapkan pemakai bisa menggunakanya dengan mudah, tanpa adanya batasan ruang dan waktu.
Dalam pembuatannya, terlebih dahulu membuat rancangan struktur navigasi, kemudian dilakukan rancangan tampilan halaman pembuka dalam bentuk Splash Screen kemudian dilanjutkan pembuatan rancangan halaman menu utama dan pembuatan rancangan tampilan isi.

3.2.1  Struktur Navigasi
Dalam proses perancangan aplikasi, struktur navigasi sangat penting. Struktur navigasi dapat menjelaskan hubungan antar halaman dan juga dapat menjelaskan mengenai alur cerita sebuah program atau aplikasi, juga memberi kemudahan menganalisa keteraktifan seluruh obyek dan bagaimana pengaruh keinteraktifannya terhadap pengguna. Saat aplikasi dijalankan akan menampilkan Splash Screen setelah beberapa detik muncul halaman menu utama dan terdapat gambar-gambar doa yang akan menampilkan isi doa dan audio apabila diklik. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat bentuk struktur hirarki pada aplikasi Doa Harian Anak Muslim dibawah ini.
Gambar 3.2 Rancangan Struktur Navigasi
Penjelasan untuk struktur navigasi diatas adalah sebagai berikut :
1.      Splash Screen
Menampilkan halaman splash screen sebagai tampilan awal dari aplikasi.
Halaman ini memberitahukan nama dari aplikasi yang dibuat. Splash screen hanya tampil 3 detik selanjutnya masuk ke halaman menu utama.
2.      Daftar doa
Halaman yang berisi daftar dari doa-doa yang merupakan Menu Utama pada aplikasi ini dalam bentuk Imagebutton
3.      Isi doa
Merupakan halaman berupa isi dari doa dalam tulisan arab, arti, dan audio 

3.2.2  Rancangan Tampilan
Rancangan tampilan aplikasi ini terdiri dari rancangan halaman pembuka yang berupa Spalash Screen, halaman Daftar doa dan rancangan halaman isi doa yang menampilkan isi doa, arti dan audio dari doa tersebut .

3.2.2.1  Rancangan Halaman Splash Screen
Berikut ini adalah tampilan yang dirancang untuk halaman awal aplikasi:
Gambar 3.3 Rancangan Halaman Splash Screen

Rancangan halaman awal dari aplikasi hanyalah sebuah splash screen yang berfungsi sebagai halaman pembuka dari aplikasi untuk memperkenalkan nama aplikasi. Sehingga ketika aplikasi baru dijalankan tampil satu halaman dalam beberapa detik dengan latar belakang gambar yang memperkenalkan nama aplikasi kepada pengguna. Kemudian setelah itu akan tampil halaman daftar doa yang merupakan menu utama.

3.2.2.2  Rancangan Halaman Daftar Doa
Pada halaman ini terdapat Imagebutton dalam memilih doa  yang ingin digunakan. Terdapat 24 Imagebutton dengan gambar sesuai doa-doa tersebut dibagian bawah ImageButton diletakan textView sehingga dengan mudah pengguna dapat mengetahui apa doa tersebut, untuk melihat keseluruhan doa yang berjumlah 24 pengguna dapat menggunkan ScrollView Vertical.

Gambar 3.4 Rancangan Halaman Daftar Doa

3.2.2.3  Rancangan Isi Doa
            Pada halaman ini berisi isi dari doa yang berupa tulisan arab, terjemahan , arti dan juga Audio dari doa tersebut dalam bentuk ImageBackground . Tombol Play dan Stop menggunakan ImageButton yang berada  pada ScrollView sehingga baru akan terlihat jika kita melakukan Scrolling pada  halaman ini.
Gambar 3.5 Tampilan Isi doa

3.3  Pembuatan Aplikasi
Setelah melalui tahap perancangan aplikasi kemudian lakukan langkah-langkah pembuatan aplikasi sesuai dengan rancangan sistem dan rancangan tampilan yang telah dibuat sebelumnya. Dalam pembuatan aplikasi berbasis mobile Android langkah pertama yang harus dilakukan adalah instalasi Eclipse  sebagai IDE yang kita gunakan dalam codding aplikasi Andriod nantinya, dengan menggunakan SDK Android pada editor Eclipse Java.             
Selanjutnya baru pada tahap pembuatan aplikasi Doa Harian Anak Muslim yang dimulai dengan membuat program Splash Screen, lalu halaman Menu Utama kemudian halaman Isi.Untuk pembuatan program ini pertama merancang tampilan (layout) yang berada di folder resource (res) program dan disimpan dalam bentuk (.xml) dan kemudian dilanjutkan membuat program (.java) yang terdapat di dalam folder source (src) package aplikasi tersebut.


3.3.1   Instalansi Eclipse
1.      Langkah-langkah pembuatan aplikasi  Aplikasi “Doa Harian Anak Muslim. Pertama-tama diawali dengan meng-instal jdk-6u24-windows-i586 karena di perlukan library pada update java terbaru , Proses peng-instal-an ini dilakukan pada sistem operasi Microsoft windows, jika software ini belum ada pada komputer yang digunakan untuk mengompile skrip codding yang dibuat.

a) Software jdk-6u24-windows-i586 bisa didapatkan dengan cara men-download atau membeli cd aslinya. Namun pada kesempatan ini penulis men-download website www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html. Setelah itu jdk 6 akan tersimpan di drive c:/

b) Jika proses instalasi selesai dan berhasil, maka akan terdapat folder JDK dan JRE pada C:\Program Files\Java.
Gambar 3.6 Tempat instalisasi JDK

c) Selanjutnya adalah Setting PATH Java, yaitu dari Control
Panel>System>Advanced>Environment Variables, isi nama variabel : PATH dan
variabel value :C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_16\bin (menunjuk pada folder \bin JDK). Seperti gambar dibawah ini.
Gambar 3.7 Setting Path JDK

2.      Meng-instal Installer_r10-windows (SDK Android), software utama membuat emulator android apabila tidak memiliki handphone android. Proses instalisasi-nya adalah:Installer_r10-windows,  
dapat didownload http://developer.android.com/sdk/index.html file sizenya hanya 32MB setelah di download lalu instal langsung muncul tampilan instal biasa.
Gambar 3.8  Proses instalisasi Installer_r10-windows
3.      Setelah menunggu sekian lama akan muncul file instaler yang otomatis akan mengupdate dengan sendrinya ke dalam komputer.
Gambar 3.9  Proses Download dari web resmi android

4.      Lihat gambar 3.6 ada icon android SDK Tools dan SDK Platfrom-Tools ini akan menambah banyak seiring perkembangan update yang ada di Android development, proses instal ini memerlukan waktu yang lumayan cukup lama, setelah semuanya sudah selesai akan muncul tampilan seperti ini
Gambar 3.10 Proses Instalisasi selesai
5.      SDK android menyediakan virtual device yang berguna pada pembuatan simulasi android.
Gambar 3.11 Menu Utama Virtual Device

6.      Meng-instal Eclipse Galileo, ini adalah software dimana tempat membuat       aplikasi “Doa Harian Anak Muslim pada Android” yang berupa gabungan coding script berbasis java, cara instalisasinya adalah Eclipse Galileo download:dihttp://www.eclipse.org/downloads/download.php?file=/technology/epp/downloads/release/galileo/SR2/eclipse-java-galileo-SR2-win32.zip. 
Setelah file berhasil download file lalu extract. Jalankan Eclipse.exe. Ketika dijalankan, Eclipse akan membutuhkan tempat (Workspace) untuk project-project yang akan dibuat. (Eclipse tidak membutuhkan proses instalasi)

7.      Setelah memilih workspace akan terlihat tampilan awal pada Eclipse, Untuk memulai menggunakan Eclipse, klik ikon Workbench yang terletak pada ujung sebelah kanan maka akan membuka menu utama dari Eclipse
Gambar 3.12 Tampilan awal pada Ecplise

Gambar 3.13 Menu Utama Eclipse
8.      Meng- instal ADT 10.0.0, adalah plugins untuk Eclipse yang terintegrasi dengan seluruh perangkat untuk membangun aplikasi Android. Jalankan Eclipse, pilih help > instal software
Gambar 3.14 Tampilan Menu Help pada eclipse

9.      Klik Add, sehingga muncul jendela Add Site. Pada Name, isi dengan ADT. Kemudian klik pada tombol Archieve, dan cari folder dimana file ADT akan ditempatkan. Kemudian OK.
Gambar 3.15 Tampilan Pencarian file ADT

10.  Setelah itu akan terlihat pada jendela Available Software, pilih checklist pada Developer Tools sehingga semua checklist terpilih. Klik Next. Akan terlihat jendela dialog Install Detail, Klik Next. Kemudian muncul jendela licence agreement, pilih I accept the Klik Finish. Restart Eclipse. Jika instalasi ADT sukses, maka akan terlihat Menu baru
11. 
Gambar 3.16 File ADT terbaca oleh Eclipse

12.  Konfigurasi Eclipse & ADT, klik pada Menu Windows> Preference, pilih Android, kemudian Browse pada SDK Location sesuai dengan Folder dimana SDK ditempatkan. Klik Apply, tunggu sebentar hingga muncul list SDK. OK.
Gambar 3.17 Tampilan Preference Eclipse dengan SDK Android
13.  Kemudian kita buat Launch simulasi dengan cara window >> android SDK dan AVD Manager, akan keluar tampilan dibawah ini
Gambar 3.18 AVD Manager

Ø  Pilih New dan isi seperti dibawah ini
Gambar  3.19 Android Visual Device

Pada Name dapat  diisi sesuai dengan keinginan kita, pada Target kita pilih Android 2.2 karena aplikasi yang telah dibuat berjalan pada android 2.2, pada Skin Buil-in pilih ukuran QVGA agar menampilkan ukuran 240 x 320.
Ø  Klik tombol Launch untuk menjalankan emulator Android, kemudian akan terlihat gambar seperti dibawah ini
Gambar 3.20 Tampilan Awal dari virtual android
Ø  Apabila proses berjalan dengan lancar dan tidak mengalami kegagalan maka akan muncul screen hitam, pada saat ini memang membutuhkan waktu lama.
Gambar 3.21 Tampilan virtual Android jika berhasil masuk
14.  Pengujian Emulator
a.       Buka SDK Android kemudian tunggu hingga beberapa saat hingga muncul tampilan seperti dibawah ini
Gambar 3.22 Tampilan awal Android

3.3.2        Langkah-langkah Pembuatan Aplikasi
Setelah melalui tahap perancangan aplikasi,instalasi Eclipse kemudian lakukan langkah-langkah pembuatan aplikasi sesuai dengan rancangan sistem dan rancangan tampilan yang telah dibuat sebelumnya.
Pembuatan aplikasi dimulai dengan membuat program Splash Screen, lalu halaman Menu Utama, kemudian Isi. Untuk pembuatan program ini pertama merancang tampilan (layout) dan audio yang berada di folder resource (res), program dan disimpan dalam bentuk (.xml) dan kemudian dilanjutkan membuat program (.java) yang terdapat di dalam folder source (src) package aplikasi tersebut.

3.3.2.1  Pembuatan Tampilan Splash Screen
Tampilan awal Doa Harian Anak Muslim yaitu Splash srceen yang menampilkan gambar cover seperti pada buku bacaan anak-anak. Untuk membuatnya, kita buat folder baru pada res dan beri nama drawable. Folder tersebut digunakan untuk menyimpan semua gambar yang ingin di tampilkan pada aplikasi yang kita buat. Berikunya kita buat rancangan tampilan nya di layout XML. Kemudian kita panggil rancangan yang telah kita buat di XML ke dalam program java. Berikut listing program splash.xml:

xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<AbsoluteLayout
  xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
  android:background="@drawable/cover" android:layout_height="match_parent" android:layout_width="match_parent">
 
</AbsoluteLayout>
Dari script diatas menggunakan satu Absolute layout sebagai tampilan splash screen, pengaturan tampilan lebar dan tinggi suatu tampilan dan gambar ‘cover’ sebagai latar belakang halaman ini.  
            Halaman depan ini hanya akan tampil beberapa saat saja kemudiaan akan langsung menangani intent activity untuk mengarahkan aplikasi ke halaman menu utama. Berikut potongan script java yang dengan nama Splash.java:     

public void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
        super.onCreate(savedInstanceState);
        setContentView(R.layout.splash);

        // thread for displaying the SplashScreen
        Thread splashTread = new Thread() {
            @Override
            public void run() {
                try {
                    int waited = 0;
                    while(_active && (waited < _splashTime)) {
                        sleep(100);
                        if(_active) {
                            waited += 100;
                        }
                    }
Setelah beberapa detik aktivitas diarahkan ke class SampleActivity untuk menampilkan halaman menu utama aplikasi. Untuk menjalankannya menggunakan perintah startActivity(intent>
); Halaman awal ini hanya tampil 3 detik terlihat pada bagian kode sleep(3000); karena menggunakan millisecond maka 3000 = 3 detik.

3.3.2.2   Pembuatan Halaman Daftar Doa
Pada tampilan halaman menu digunakan 24 ImageView dan 24 TextView. Untuk  membuatnya, pertama kita buat rancangan tampilannya di layout XML. Kemudian masukan gambar – gambar yang ingin di tampilkan pada halaman menu ke dalam folder drawable yang tadi kita buat. Berikut potongan listing program menu.xml :

<AbsoluteLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
android:orientation="vertical" 
android:layout_height="match_parent"
android:layout_width="match_parent"
android:background="@drawable/background">


           >
<AbsoluteLayout
android:fadeScrollbars="true"
android:layout_width="fill_parent" android:id="@+id/absoluteLayout1" android:layout_height="wrap_content">
    <ImageButton
android:layout_width="wrap_content"
android:id="@+id/imageButton2" android:background="@drawable/banguntidurcover" android:layout_height="wrap_content"
android:layout_y="34dip" android:layout_x="174dip"></ImageButton>
    <ImageButton
android:layout_width="wrap_content" android:id="@+id/imageButton24" android:background="@drawable/masukpasarcover" android:layout_height="match_parent"
android:layout_y="1927dip"  android:layout_x="174dip"></ImageButton>
 
     <TextView
android:layout_width="wrap_content"
android:text="Doa Sebelum  tidur"
android:id="@+id/textView1"
android:layout_x="26dip"
android:layout_height="wrap_content" android:layout_y="176dip"></TextView>
   
</AbsoluteLayout>
</ScrollView>
</AbsoluteLayout>
Listing diatas menggunakan dua AbsoluteLayout dan satu scrollView, pengaturan tampilan lebar dan tinggi suatu tampilan dan gambar ‘background’ sebagai latar belakang halaman ini. ImageButton digunakan sebagai tampilan dari doa yang tampilanya sesuai dengan isi doa, textView digunakan sebagai judul dari doa yang diletakan tepat dibawah ImageView.
Setelah kita membuat rancangan halaman menu, kemudian kita panggil layout yang tadi kita buat di program java. SampleActivity.java yang merupakan class utama java dalam program ini yang bertugas memanggil java yang lainya, berikut potongan listing dari SampleActivity.java:

public class SampleAcivity extends Activity {
ImageButton imagebutton1;
ImageButton imagebutton2;
ImageButton imagebutton23;
ImageButton imagebutton24;
TextView textView1;
TextView textView2;
TextView textView23;
TextView textView24;
private Object player;
/** Called when the activity is first created. */
@Override
public void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.menu);
this.player = MediaPlayer.create(this, R.raw.play);
((MediaPlayer) this.player).setLooping(false);
((MediaPlayer) this.player).start();
imagebutton1 = (ImageButton)findViewById(R.id.imageButton1);
imagebutton1.setOnClickListener(new OnClickListener() {
public void onClick(View v) {
Intent i = new Intent(SampleAcivity.this, sebelumtidur.class);
startActivity(i);
}
     }
)
imagebutton23 = (ImageButton)findViewById(R.id.imageButton23);
imagebutton23.setOnClickListener(new OnClickListener()
{
public void onClick(View v) {

Intent j= new Intent(SampleAcivity.this,tertimpahmusibah.class);
startActivity(j);
}
     }
);



Intent j= new Intent(SampleAcivity.this,masukpasar.class);
startActivity(j);

Dari potongan listing diatas awal dari listing tersebut mendeklarasikan ImageButton,textView 1 sampai dengan 24. Kemudian memanggil .XML setContentView(R.layout.menu) merupakan pemanggilan tampilan pada folder Layout dengan nama menu.xml yang telah dibuat sebelumnya.
Intent(SampleAcivity.this,tertimpahmusibah.class) pada listing ini pemanggilan class java dilakukan dengan memanggil class java pada masing-masing doa, dari class java tersebut kemudian akan memanggil class Xml dari masing-masing doa tersebut.
3.3.2.3   Pembuatan Halaman Isi doa
Pada aplikasi ini terdapat 24 halaman isi pada setiap halaman isi dibuat dengan satu xml dan satu java, dari class utama yaitu SampleActivity akan memanggil class java yang lain kemudian dari class java tersebut barulah memanggil xml nya masing-masing. Berikut salah satu potongan listing xml dan  java pada Tampilan Isi :
Banguntidur.java
    /** Called when the activity is first created. */
    @Override
    public void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
        super.onCreate(savedInstanceState);
        setContentView(R.layout.banguntidur);
     // Get the button from the view
                        PlayButton = (Button) this.findViewById(R.id.Play);
                        PlayButton.setOnClickListener(new OnClickListener() {

                                    public void onClick(View arg0) {
                                                // TODO Auto-generated method stub
                                                playSound(1);
                                    }
        });
                        StopButton = (Button) this.findViewById(R.id.Stop);
                        StopButton.setOnClickListener(new OnClickListener() {

                                    public void onClick(View arg0) {
                                                // TODO Auto-generated method stub
                                                playSound(2);
                                    }
        });
            }
            @Override
            public void onPause() {
                        try{
                        super.onPause();
                        player.pause();
                        }catch (Exception e){
                        }
            }
          
                } catch(InterruptedException e) {
                    // do nothing
                } finally {
                    finish();
                    Intent newIntent=new Intent(Splash.this,SampleAcivity.class);
startActivityForResult(newIntent,0);

                        }catch(Exception e){ 
                        }
                        if (arg == 1){
                                    Toast.makeText(this,isPlaying+" Bangun Tidur", Toast.LENGTH_LONG).show();
                                    player = MediaPlayer.create(this, R.raw.banguntidur);
                        }else if (arg==2){
                                    Toast.makeText(this,"Stop", Toast.LENGTH_LONG).show();
                                    player = MediaPlayer.create(this, R.raw.stop);          
                        }
                        player.setLooping(false); // Set looping
                        player.start();

Dari potongan listing program diatas banguntidur.java akan memanggil Layout banguntidur.xml, pemanggilan audio juga terdapat dalam class ini yang mana akan memanggil audio dalam resources didalam folder raw dengan nama ‘banguntidur’. Berikut listing banguntidur.xml yang digunakan sebagai tampilan salah satu doa pada tampilan Isi:

xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
  <AbsoluteLayout
  xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
  android:background="@drawable/banguntidur"
  android:layout_width="match_parent" android:layout_height="match_parent">

  <ScrollView
  android:layout_width="fill_parent"
  android:id="@+id/scrollView1"
  android:layout_height="wrap_content"
> 
android:layout_width="wrap_content"
android:text="Play"
android:id="@+id/Play"
android:drawableBottom="@drawable/play" android:layout_height="wrap_content"
android:layout_x="81dip"
android:layout_y="397dip"></Button>
<Button


</Button>
  </AbsoluteLayout>
  </ScrollView>
   </AbsoluteLayout>

Yang mana pada xml ini menggunakan background pada folder drawable dan tombol play dan stop untuk audio diletakan pada scroll dimaksud agar tombol tersebut tersembunyi sehingga tidak menghalangi pengguna dalam membaca doa tersebut.

3.3.2.4  Implementasi
Setelah proses perancangan, kemudian dilanjutkan dengan proses implementasi. Pada proses ini terdiri dari beberapa tahapan, yaitu penandatangan aplikasi dan proses kompilasi menjadi program jadi sehingga dapat diterapkan pada smartphone Android 2.2.
Proses pembuatan program aplikasi berbasis Android yang diusulkan terdiri dari tiga komponen utama dan menggunakan dua macam bahasa pemrograman. Tiga komponen utama yang terdapat pada aplikasi Android ini yaitu pembuatan komponen layout program yang berfungsi sebagai user interface aplikasi, yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman xml. Pembuatan komponen halaman AndroidManifest.xml, halaman ini dibuat secara otomatis oleh IDE Eclipse ketika membuat sebuat project Android baru. Yang berfungsi untuk menampung dan mendaftarkan bagian-bagian penting yang digunakan dalam aplikasi, seperti library, aplication, activity, dan class yang akan dijadikan main class (class yang dijalankan lebih dulu). Pembuatan komponen isi program, yaitu halaman isi program yang menggunakan bahasa pemrograman java dan tampilan pada xml.
Tahap berikutnya dari proses implementasi sebelum melakukan pengujian adalah proses kompilasi. Proses kompilasi dilakukan untuk mengetahui apakah program berjalan dengan baik atau tidak. Untuk melakukan proses kompilasi, pada menu bar Eclipse pilih menu Run – Run As – Android Application atau dengan menekan tombol Ctrl+F11. Jika proses kompilasi gagal maka akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah ini.
 




Gambar 3.23  Pesan error pada Eclipse

Sedangkan bila proses kompilasi berhasil maka akan muncul list proses yang terjadi berupa pesan pada tab Console di Eclipse seperti pada gambar dibawah ini.



Gambar 3.24  Pesan aktivitas yang berjalan

3.4 Pengujian Aplikasi
Buka kunci android, akan terlihat menu utama dan apilkasi Doa Harian Anak Muslim akan,apabila berhasil di instal.
Gambar 3.25 Tampilan menu utama dan aplikasi menu telah ter-instal
c. Mencoba aplikasi Doa Harian Anak Muslim dengan cara mengklik icon aplikasi tersebut,tampilan awal berupa Splash Screen yang berlangsung selama 3 detik
Gambar 3.26 Tampilan awal pada Aplikasi Doa Harian Anak Muslim

d.Setelah sekitar 3 detik akan masuk ke Menu Tampilan Awal dibawah ini
Gambar 3.27 Tampilan Menu Doa Harian Anak Muslim
e. Masuk ke dalam Menu Doa Bangun Tidur
Gambar 3.28 Tampilan Isi Doa Bangun Tidur

F. Saat kita melakukan Scrool maka akan ada tombol Play dan Stop untuk memainkan Audio doa tersebut.
Gambar 3.29 Tampilan Isi Doa Bangun Tidur saat di-Scroll

3.4.1        Spesifikasi Perangkat Keras dan Perangkat Lunak
Pada pembuatan aplikasi ini menggunakan spesifikasi perangkat keras dan
perangkat lunak sebagai pendukungnya, yaitu :
1.      Perangkat lunak (software) yang digunakan pada pengembangan aplikasi ini adalah sebagai berikut :
a.    Sistem Operasi Microsoft Windows 7 Ultimate 32-bit
b.    Android SDK Manager.
c.    JDK.
d.    Eclipse.
2.      Perangkat keras (hardware) yang digunakan untuk mengembangkan dan menguji coba aplikasi tersebut adalah :
a.    Prosesor Core2 Duo .
b.    Memori 2 GB DDR.
c.    Display adapter VGA 128 MB.

Sedangkan spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak smartphone yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi ini adalah:
-       Sistem Operasi Android minimal versi 2.2 (Frozen Yogurt).
-       Minimal ruang kosong 19 MB.

Donasi Pada Blog Ini Cukup Mengklik Iklan Yang Ada, Klik Anda Sangat Berguna Untuk Kelangsungan Blog Ini. Terima Kasih

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BANYAK HAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger