JARINGAN JAVA SOCKET

Friday, 22 March 20130 comments

Sebuah socket merupakan IP Port pada sebuah host mesin yang spesifik.Socket adalah sebuah konsep yang telah berkembang pada paradigma bahasa pemrograman untuk beberapa waktu. Socket pertama kali digunakan pada sistem Unix pada tahun 1970-an dan sekarang socket merupakan standar low-level komunikasi primitif.
Sebenarnya ada dua jenis socket, yaitu connection-oriented socket, yang termasuk dalam TCP (Transport Control Protocol), dan connectionless socket, yang berdasar pada UDP (User Datagram Protocol). Jika dianalogikan, komunikasi socket merupakan komunikasi dua arah antar komputer dengan jalur pipa sebagai penghubungnya dan masing-masing pipa tersebut tertancap pada sebuah gerbang tertentu yang dinamakan port. Lifetime sebuah socket terdiri atas 3 fase :
1.Creation : inisilisasi untuk membuat sebuah socket
2.Reading and Writing : menerima dan mengirim ke sebuah socket
3.Destruction : menutup atau mengakhiri socket
Java menyediakan utilitas yang lengkap untuk pemrograman network yang dibundel dalam package java.net.* dan javax.net.*. Java menyediakan dua buah tipe socket yang berbeda dan sebuah socket spesial untuk berkomunikasi antar node yaitu:  
  • TCP sockets (connection -oriented socket) yang diimplementasikan pada kelas java.net.Socket. 
  • UDP sockets (connection -less socket) yang diimplentasikan oleh kelas java.net.DatagramSocket.
Dalam koneksi TCP, socket dan server socket adalah dua class yang biasa digunakan. Server Socket merepresentasikan socket yang berada di server yang menunggu dan mendengarkan request dari client untuk segera dilayani. Socket merepresentasikan end point communication antara client dan server. Ketika server menerima request dari client, server akan membuatkan socket baru yang digunakan sebagai komunikasi antara server dan client sehingga server bisa mendengarkan request dari client yang lain lagi. Client juga membuat socket untuk komunikasi dengan server.
Di java TCP socket terdiri 4 tahap dalam membangun sebuah koneksi yaitu :
1.Membuka socket
2.Membuat input data stream
3.Membuat output data stream
4.Menutup atau mengakhiri socket
   Http Connection ada sejak MIDP 1.0, sedangkan Server Socket Connection, UDP Datagram Connection dan Socket Connection merupakan fitur tambahan yang ada pada MIDP 2.0 dan Saya informasikan kepada pembaca, jika anda membeli perangkat telekomunikasi, sebaiknya yang sudah di sertifikasi atau yang sudah bersertifikat resmi dari postel, untuk menjaga agar anda tidak berurusan dengan pihak yang berwajib. Dan perangkat yang sudah di sertifikasi tentunya sudah lulus pengujian di balai uji, sehingga mutu dan kualitasnya terjamin.


Artikel terkait:

Donasi Pada Blog Ini Cukup Mengklik Iklan Yang Ada, Klik Anda Sangat Berguna Untuk Kelangsungan Blog Ini. Terima Kasih

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BANYAK HAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger