Kuis Pengantar Teori Game

Thursday 16 May 20130 comments

1.Sebutkan dan jelaskan game engine yang anda ketahui?
2.Sebut dan jelaskan kategorikal game? terangkan kategori tsb menurut siapa/bdn apa?
3.Apa game yg anda sukai ? terangkan aturann mainnya dan buatlah algoritmanya
4.Dalam game development langkah apa yang harus dilakukan sampai mendapat game yg siap di release?

Jawab.

1.RealmForge Merupakan free dan open source game engine untuk Microsoft .Net Framework dan dikhususkan pada visual3D Game Engine, merupakan cross platform game engine untuk .NET 2.0 dan Microsoft XNA.RealmForge dibangun diatas AXIOM 3D rendering engine. Di tulis dalam bahasa C# keseluruhan. Dibangun untuk pembuatan game berbasis .NET.

Truevision3D
Merupakan game engine 3D yang dibangun dengan menggunakan visual basic 6 dan C++ dengan menggunakan Microsoft Directx API. Mulai versi 6.5, engine ini menggunakan direct 9 dan shader support, serta ditulis ulang menggunakan C++. Sampai perkembangan terbaru, belum ada wacana untuk mengembangkannya untuk mendukung penggunaan directx9 serta Microsoft XNA.

OGRE
OGRE (Object-Oriented Graphics Rendering Engine) merupakan engine yang mendukung 3D Graphic. Merupakan game engine yang fleksibel dalam melakukan 3D Rendering, ditulis dalam bahasa C++ sehingga memudahkan pengembang untuk membangun game yang mendukung 3D Graphics.


2.
a.Action, Genre ini merupakan macam game yang paling populer. Game jenis ini membutuhkan kemampuan refleks pemain dan timing yang tepat. Contohnya Pointblank, Call Of Dutty, Crysis dll.

b.Adventure, pemain diajak berpetualang seperti menelusuri sungai melewati gua dan lain-lain. Contohnya Assasin Creed, Super Mario, Hitman dll.

c.RPG, Dalam game ini pemain dapat memilih satu karakter untuk dimainkan. Seiring dengan naiknya level game, karakter tersebut dapat berubah, bertambah skill, bertambah senjata, bertambah hewan peliharaan dan lain sebagainya. Contohnya Final Fantasy, World of Warcraft, Ragnarok dll.

d.Sport, dunia olahraga dengan sedemikian rupa dibawa ke dalam komputer atau konsol. Contohnya PES, NBA, Tony Hawk Pro Skater dll.

e.Fighting, sebuah permainan dimana pemainnya diajak untuk berkelahi satu sama lain. Contohnya Street Fighter, Teken, Smack Down dll.

f.Race, pemain dapat memilih kendaraan, melaju di arena balap. tujuannya hanya satu yaitu menuju garis finish. Contohnya Need For Speed, Grand Tourismo, Moto GP dll.

g.Puzzle, sebuah permainan teka-teki, berfikir, menghitung dan sebagainya. Contohnya Tetris, Bomberman, Minesweeper dll.


3.Game yg saya sukai adalah game rpg. Cara bermain di game ini, kita akan membuat sebuah pasukan tentara armada laut,darat dan udara untuk menyerang markas musuh.


4.Pembuatan ide game: Sebelum mulai membuat game, kita perlu memikirkan game seperti apa yang akan kita buat, bagaimana memainkannya, apa saja yang akan membuat orang senang memainkan game kita, dan lain-lain.

Proses pre-production: pada tahap ini kita perlu mempersiapkan berbagai hal teknis yang berhubungan dengan game yang akan kita buat, misalnya teknologi apa yang akan digunakan (misalnya platform atau bahasa pemrograman), art direction atau arahan visual dari game yang akan dibuat, dan finalisasi game design yang akan kita implementasi dalam gamenya

Proses production: pada tahap ini baru kita buat art dan programming untuk gamenya, sebaiknya game yang dikembangkan sesering mungkin dibuat versi yang dapat dimainkan, jadi bisa ditest sekaligus bisa kita sebar ke komunitas game developer untuk minta masukan.

Proses release, pada tahap ini gamenya kita anggap selesai dan kita rilis ke pasar. Tapi kita perlu pastikan untuk tetap mengawasi komentar-komentar dari orang yang memainkan game kita, kalau ada laporan atau keluhan tentang bug atau error harus cepat-cepat kita perbaiki.
Donasi Pada Blog Ini Cukup Mengklik Iklan Yang Ada, Klik Anda Sangat Berguna Untuk Kelangsungan Blog Ini. Terima Kasih

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BANYAK HAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger