Kanada Cabut Larangan Total Donor Darah Pria Gay

Thursday 23 May 20130 comments

Ottawa (AFP/ANTARA) - Otoritas kesehatan Kanada pada Rabu menarik larangan pria gay memberikan darah, mengumumkan aturan baru yang mengizinkan pria yang tidak berhubungan seks dengan pria lain dalam lima tahun terakhir memenuhi syarat untuk mendonorkan darahnya.

Di bawah peraturan sebelumnya, pria yang berhubungan seksual dengan pria lain sejak 1977, meski sekali, tidak diperkenankan melakukan donor darah.

Aturan ketat itu dirancang sebagai pencegahan terhadap penyebaran penyakit melalui transfusi darah, berdasarkan data epidemiologi yang menunjukkan risiko besar transmisi HIV di hubungan antar laki-laki ketimbang hubungan seksual heteroseksual atau lesbian.

Aturan tersebut dimodifikasi atas permintaan Canadian Blood Services dan Hema-Quebec sebagai bagian dari pembaruan lisensi mereka untuk mengumpulkan dan mendistribusikan sejumlah produk darah di Kanada.

Dalam sebuah pengajuan ke badan kesehatan Kanada, sejumlah operator darah menunjukkan bahwa mereka dapat mendeteksi agen penyebab penyakit dalam donasi darah melalui pemeriksaan, dan karena itu larangan total bagi pria gay memberikan darah sudah bisa dicabut.

Laurent McCutcheon, pendiri pusat dukungan gay di Montreal, menyebut pengumuman tersebut sebagai “sebuah langkah tepat” namun mengatakan bahwa donor darah harus dinilai dari faktor risiko, bukan pantangan.(kn/pt)
Donasi Pada Blog Ini Cukup Mengklik Iklan Yang Ada, Klik Anda Sangat Berguna Untuk Kelangsungan Blog Ini. Terima Kasih

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BANYAK HAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger