APLIKASI JADWAL KRL COMMUTER LOOP LINE PADA MOBILE BERBASIS ANDROID

Thursday 23 May 20130 comments


Seiring dengan kemajuan teknologi pada masa sekarang ini seperti perangkat mobile atau lebih dikenal dengan application mobile yang sudah dilengkapi dengan sistem seperti sebuah komputer yang biasa disebut smartphone. Beragam software aplikasi seperti chat-messanger, music player, game,web browser dan lain sebagainya telah bermunculan. Dan banyak sistem operasi yang dapat membuat application mobile seperti itu salah satunya adalah android.
Android adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Open Handset Alliance. Dan android adalah sistem operasi mobile yang bersifat open source sehingga orang dapat mengembangkannya sesuai dengan apa yang di inginkannya. Dengan memanfaatkan sifat android yang open source penulis tertarik untuk membuat dan mengembangkan sebuah aplikasi berbasis android yang sederhana dan bermanfaat berupa sebuah informasi tentang jadwal kereta listrik ( krl ) commuterline jabodetabek. Dan pada aplikasi ini user dapat mengetahui jadwal krl dan melihat rute yang akan dilewati.
Dibandingkan dengan aplikasi – aplikasi jadwal krl yang sudah ada yang harus terkoneksi dengan internet, aplikasi ini akan mudah digunakan tanpa harus menggunakan koneksi internet. Kelebihan dari aplikasi ini adalah adanya rute untuk mengetahui stasiun – stasiun krl yang akan dilewati sehingga memudahkan pengguna krl untuk mengetahui stasiun tujuannya sedangkan untuk kekurangan aplikasi ini adalah tidak otomatis mengupdate data jadwal keberangkatan krl. Untuk itu, dengan penjelasan dan paparan yang telah di paparkan di atas penulis ingin membuat “Aplikasi Jadwal KRL COMMUTER LOOP LINE” dengan menggunakan sistem operasi android sehingga memudahkan pengguna krl jika hendak berpergian.
Berikut tampilan “Aplikasi Jadwal KRL COMMUTER LOOP LINE”
                Gambar 3.7  Tampilan menu awal aplikasi

            Pada halaman menu pada awal aplikasi terdapat tiga buah menu yaitu menu commuterline yang berisikan relasi-relasi jadwal dan jam keberangkatan kereta sedangkan menu yang kedua adalah menu untuk melihat rute stasiun yang dilewati kereta dan yang terakhir adalah menu exit. Jika pemakai memilih menu commuterline maka aplikasi akan masuk kedalam menu relasi – relasi jadwal seperti gambar dibawah ini.

 Gambar 3.8 Tampilan menu relasi jadwal 

Kemudian, apabila pemakai memilih salah satu dari relasi yang tersedia pada menu ini, maka aplikasi akan beralih ke list jam keberangkatan seperti gambar dibawah ini.

Gambar 3.9 Tampilan List Jam Keberangkatan


Di dalam list jam ini terdapat button waktu tempuh yang akan menampilkan waktu tempuh kereta melewati tiap – tiap stasiun.

 Gambar 3.10 Tampilan Waktu Tempuh Kereta


Semua aktivitas yang dilakukan tergantung pada setiap pemakai. Jika menu rute yang dipilih maka akan muncul gambar seperti ini.
 
Gambar 3.11 Tampilan Rute Stasiun


Aplikasi Android Lainya :

APLIKASI DOA HARIAN ANAK MUSLIM PADA MOBILE BERBASIS ANDROID


 
Donasi Pada Blog Ini Cukup Mengklik Iklan Yang Ada, Klik Anda Sangat Berguna Untuk Kelangsungan Blog Ini. Terima Kasih

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BANYAK HAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger