Contoh Penulisan Ilmiah Bab 1

Thursday 18 April 20130 comments


I.PENDAHULUAN     

1.1       Latar Belakang Masalah
Dengan seiring berkembang pesatnya teknologi mobile dimasa sekarang ini banyak dari kalangan anak-anak yang telah menggunakan mobile untuk komunikasi dengan orang tuanya ataupun hanya sekedar hiburan semata sehingga semakin diperlukan aplikasi-aplikasi yang menunjang pembelajaranya terutama dalam bidang agama, karena pembelajaran agama telah ditanamkan sejak dini. Salah satu mobile yang paling berkembang pesat saat ini ialah mobile dengan sistem operasi Android yang dikarenakan open source sehingga banyak sekali developer yang mengembangkanya dibanding sistem operasi mobile yang lain.
Aplikasi-aplikasi mobile android yang banyak digunakan salah satunya aplikasi doa harian muslim, kebanyakan aplikasi doa tersebut hanya berupa teks bertulisan huruf arab dan artinya tanpa menggunakan audio maupun gambar-gambar yang menarik sehingga membuat aplikasi tersebut membosankan bila digunakan oleh anak-anak, karena memang pada dasarnya aplikasi tersebut tidak diperuntukan khusus untuk anak-anak .
Manfaat dari gambar tersebut diharapkan anak akan tertarik untuk memakai aplikasi Doa harian anak muslim ini sehingga sering mereka gunakan dan diharapkan merekapun menjadi hafal doa-doa tersebut, dibantu dengan audio doa  anak-anak akan lebih dapat melafadzkan doa dengan pasih dan benar serta tahu cara membacaanya, karena mereka cenderung masih dalam tahap pembelajaran dalam pembacaan tulisan arab. Maka penulis membuat aplikasi yang berjudul “Doa Harian Anak Muslim” dengan harapan aplikasi ini dapat bermanfaat bagi penggunanya terutama dari kalangan anak-anak.
           

1.2       Batasan Masalah
            Batasan masalah yang penulis ambil dalam penulisan ilmiah ini yaitu sebagai berikut:
1.      Pembuatan aplikasi offline doa sehari-hari anak muslim utuk usia sekitar 5-10 tahun yang berjumlah 24 doa harian diantaranya doa sebelum makan, doa sesudah makan, doa sesudah azan, doa masuk masjid, doa keluar masjid, doa setelah wudhu dan lain-lain dengan rancangan yang didalamnya terkandung unsur audio dan gambar yang menarik sesuai dengan doa-doa tersebut.
2.      Rancangan tampilan dibuat sesederhana mungkin tetapi menarik karena aplikasi ini dibuat khusus anak-anak.

1.3              Tujuan Penelitian
            Membuat aplikasi mobile doa harian untuk anak muslim yang berbasis mobile Android yang dibuat dengan tampilan menarik penuh dengan warna-warna yang cerah yang dapat memikat anak-anak sehingga timbul rasa ketertarikan untuk menggunakan aplikasi tersebut dan dapat membantu pembelajaran khususnya dalam bidang agama.
Aplikasi doa harian ini merupakan aplikasi mobile sehingga dapat dipergunakan dimanapun.

1.4       Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan penelitian ilmiah ini adalah menggunakan pendekatan metode SDLC (Software Development Life Cycle).
Fase identifikasi, pada fase ini adalah mengidentifikasi masalah yang ada yaitu belum adanya aplikasi doa harian muslim yang dibuat khusus anak-anak
Fase analisis,  pada fase ini adalah memecahkan masalah yang terjadi dalam pembuatan aplikasi.
 Fase perancangan, pada fase ini adalah dengan melakukan perancangan struktur tampilan menu dan tampilan isi doa dan audio pada aplikasi.
Fase pembuatan, pada fase ini adalah pembuatan aplikasi  berbasis android tersebut dengan menerapkan hasil perancangan.
Fase uji coba,  pada fase ini adalah dengan menjalankan  aplikasi tersebut pada mobile android apakah masih terjadi error.

1.5       Sistematis Penulisan
Dalam penulisan mengelompokkan pembahasan dalam kelompok Bab-bab.
Satu kelompok pembahasan dimasukkan dalam satu judul Bab, yang mana Bab-bab
ini terdiri dari subbab-subbab.
                1. Pendahuluan
                 Bab ini menjelaskan latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan,  metode penelitian dan sistematika penulisan.
                 2. Landasan Teori
    Bab ini menjelaskan Mengemukakan landasan teori yang menunjang penulisan, penjelasan mengenai keutamaan dalam berdoa, pengertian tentang sistem operasi Android, Sejarah Android,Membahas mengenai Java sebagai Appliccation Development Interface, Android SDK(software Development kit)sebagai alat bantu dan API dalam mengembangkan aplikasi pada platform android, Eclipse sebagai IDE utuk pengembangan java, ADT(Android Development Tolls) sebagai penghubung android SDK dengan Eclipde IDE.
                 3 . Pembahasan
                 Bab ini menjelaskan analisa dan pembahasan tentang perancangan aplikasi, langkah-langkah pembuatan aplikasi, dan pengujicobaan aplikasi.
                  4 . Penutup
                 Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang diperoleh dari pembahasan dalam penulisan ini untuk penyempurnaan dan pengembangan selanjutnya.


Note:
Apabila menginginkan penulisan Ilmiah Bab 1 dengan format .doc download disini
Download Aplikasi penulisan ini disini

Cara download tunggu 5 detik, kemudian klik 'SKIP AD' dipojok kanan atas.
Password: achielmuezza
Donasi Pada Blog Ini Cukup Mengklik Iklan Yang Ada, Klik Anda Sangat Berguna Untuk Kelangsungan Blog Ini. Terima Kasih

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BANYAK HAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger