Menanam Cabe Dirumah

Tuesday, 8 February 20112comments

emmmm................. mulai dari apa ya,,hehhe     Dari dulu emang udah niat mau nanem dirumah tapi banyak kendalanya lahan yang minim juga ga ada waktu soalnya sibuk banget ma sayaliah ,maen trus sama punya duit juga buat jalanin niatnya kan segala sesuatu pasti pake biayalah walaupun g besar tapi emank lagi tiris banget jadi ga kesampean-kesampean, trus sekitar 3 minggu yang lalu kira-kira tanggal 20 januari akhirnye saya beli media tanam pas kebetulan pulang latihan silat lewatin jajaran penjual tanaman,sempet pelanga-pelongo juga ditempat jual taneman ,bingung mau beli apa, hehe setelah konsultasi sama penjual akhirnya saya putusin beli media tanam dulu buat permulaan, sesampainya dirumah saya garap deh tuh tanah yng cuman sepetak trus saya tebangin sedikit pohon  jambu air dan jambu biji disekitarnye soalnya 2 pohon itu udah kena hama ulet yng kecil n banyak bngt, nati juga tumbuh lagi ...amin heheh.  

Setelah digemburkan tanah saya taburin tuh media tanam ga usah dikasih pupuk soalnya udah mengandung pupuk sekitar 30%  pada media tanamnya, kalo ingin membeli media tanam untuk tanaman buah cari yang banyak mengandung fosfortnya biar buahnya lebat. Setelah ditaburin merata saya baca dari internet harus didiamkan selama beberapa hari baru boleh ditanam,niatnya si mau nanam cabe soalnya lagi mahal nih sekarang-sekarang khn lumayan klo ada dirumah ga usah beli lagi..hehhe
 Udah saya diemin beberapa hari setelah diberi media tanam saya pengen beli bibit cabe tapi ga tau harus beli dimana, akhirnya saya putusin deh buat ambil cabe yang ada dikulkas aje buat jadi bibit, cara pemilihan bibit cabe yang baik untuk diambil bijinya menjadi benih yang saya baca dari internet si untuk cabe rawit sbb : hijau merata, besar dan panjang, menonjolah dibanding yang lain, sedangkan untuk cabe merah besar sbb : intinya ci sama lebih terlihat montok dari yng lain, merah merata, berisi, cukup tua dan yang pastinya bukan berasal dari tanaman cabe hibrida sebab baca di-internet kalo hibrida itu ga bisa dijadiin benih bibitya.
Setelah itu sayat deh bagian tengah cabe usahain bijinya sempurna g ada yang kepotong gthu ,trus biar dapet bibit unggul yang kemungkinan tumbuhnya besar caranye celupkan biji cabe tsbt kedalam air bila bibit berat maka akan tenggelam, bibit tersebutlah yng kita pakai sedangkan yang mengambang kita buang aje kemungkinan tumbuhnya kecil. Setelah mendapatkan bibit kemudian kita tanam deh,,jangan terlalu dalam ya tanamnya sekitar seruas jari aja soalnya kalo kedalaman bisa lama timbul keatasnya bisa2 juga jadi ga tumbuh soalnya g dapet sinar matahari bila terlalu dalam satu lubang kita isi dengan 3 buah biji bibit kita kasih jarak 10 cm aja perbibit kurang  juga ga apa2 si kita kira2 aja soalnya disituhlah tempat tumbuh bibit selama kurang lebih 2 minggu hingga ada sekitar 3-4 daun, kalo terlalu dempet sewaktu dipindahin kepolybagnya bisa susah akarnya bisa menempel satu sama lain bisa2 putus deh. Oy saya mau nanem cabenya dipolybag aja karena lahanya saya putusin buat nanem tanaman buat aje deh sayang klo cuman tanaman cabe aje soalnya cabe masih bisa ditanam dipot, kemudian saya minta ganti uang pembelian media tanam ke-ortu hahahhaha akhirnya didukung malahan dikasih dana buat beli bibit dan lain-lain ,,aseeekkkkk...  Trus saya cari deh bibit cabe ditoko tanaman, saya cari kemana mana ga dapet juga, kata tukang tanaman g ada yng jual disini harus cari ke-lembang bandung,,,buseddd dah eh akhirnya ada bapak2 tua yang ngasih tau saya tempat beli bibitnya ternyata g jauh dari rumah saya padahal udah nyari lumayan jauh ternyata adanya digang tetangga,,huhuh singkat cerita dapet dah tuh bibit saya beli bibit tomat marzando(tau dah tuh tomat apa cos adanya itu doang tomatnya padahal nyarinya tomat chery yang bentuknya kecil dan buahnya manis serta banyak , cocok banget buat tanem dipot, sama cabe besar.
Harga 1 palstik bibit usayaran 15 graman 10rb ,banyak juga isinya walaupun bungkusnya enteng, trus beli cangkul kecil juga sama beli aqua gelas yang kecil buat nanem bibit nya. Begini nih komposisi tanahnya digelas aqua : lapisan bawah dikasih pasir(harusnya ci serabut kelapa tapi karena g ada saya ganti pasir aje) gunanya agar air yang nanti disiram tidak langsung keluar lapisan kedua dari bawah adalah pecahan genteng dan dilapisan paling atas adalah tanah (kalo saya pake media tanam). Setelah itu tanam deh benihnya..pada hari 1 sampai 6 ga terjadi apa2 yang terlihat setelah seminggu beberapa benih mulai tumbuh masih sangat kecil setelah 2 mingguan akan tumbuh sekitar 3-4 daun , tumbuhan cabe mempunyai akar yang panjang kebawah serabutnya sedikit jadi usahakan sediakan tempat yang tinggi agar maksimal hasilnyatanaman cabe saya didalam gelas sayaa(menggunakan bibit beli),hanya sekitar 70% saja yang tumbuh dari benih yang saya tanam karena setelah saya perhatikan ternyata bibit yang saya beli udah kadaluarsa beruntung masih bisa tumbuh walaupun hasilnya lama bngt tumbuhnya udah gitu banyak yang g tumbuh..kesel bngt...huhuhu... nih penampakanya kecil-kecil
 



Beda banget sama tanaman cabe yang bibitnya saya gunakan dari cabe dikulkas saya, mungkin karena bibit yang saya beli sudah kadaluarsa atau juga karena media tanamnya cos saya nanem bibit cabe dari kulkas dilahan tanah sedangkan bibit yang saya beli digelas aqua, waktu tanamnya cuman beda beberapa hari saja tapi perbandinganya lumayan jauh,dari bibit cabe dikulkas pohon bibitnya besar besar banget, segar2 deh nih penampakanya, tapi sebagian besarnya udah aku taro polybag sama akua soalnya dari pada kosong aquanya yaang ga tumbuh aku isi bibit yng aku tanem ditanah..sekarang udah ada sekitar 50 pohon bibit tomat dan cabe
 


 nih yang udah dipindahin polybag

  
nih tambahan kangkung,heheh  gampang banget nanem kangkung, nanti kalau ada waktu aku jelasin caranya deh. hehe

 




,nih upload foto2 terbaru hingga sekarang tanggal 15 maret 2011nih tanaman cabe dan tomat yang elum dipindahkan kepolybag karena


,dan nih yang udah dipindahin kepolybag ada sekitar selusin  


,trus nih foto2 kangkung umur sebulanan
 
,dideket kangkung saya tanam kemangi juga nih gambarnye  
,trus nih foto orang yang menanam ..hehe  
setelah sekitar 2 ulan akhirnya dapet hasil juga dari apa yng ditanamhehhe alhamdulilah


Donasi Pada Blog Ini Cukup Mengklik Iklan Yang Ada, Klik Anda Sangat Berguna Untuk Kelangsungan Blog Ini. Terima Kasih

+ comments + 2 comments

Anonymous
16 March 2011 13:08

bagus & coekoep kreatif...saloet deh

Anonymous
15 August 2011 15:05

CitraCiprut.
wahh sip nih, aq ama temenku dikosan juga lagi keranjingan nanem2 pakek media botol bekas nih. skr lg nanem 3jenis cabe, rencana selanjutnya pengen nanem yg lain yg bermanfaat jg, jd ndak sabara tunggu berbuahnya.

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BANYAK HAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger