Soal Rekayasa Perangkat Lunak

Monday, 3 June 20130 comments

1. Elemen dalam use case diagram yang merepresentasikan peran pemakai use case ketika berinteraksi dengan use case tersebut adalah …
a. User                                               c. Class
b. Actor                                             d. Entity

2.  Yang merupakan “Kata Benda” dari UML models adalah...
a. Annotational things
b. Sequence
c. Structural things
d. Dependency

3. Pertimbangan dalam memilih strategi desain adalah sebagai berikut, kecuali…
a. kebutuhan bisnis.
b. in house experience.
c. pengalaman kelompok.
d. project skills.

4. Berawal dari level-atas system dan terintegrasi dengan mengganti masing-masing komponen secara top-down dengan suatu stub (program pendek yg mengenerate input ke sub-system yg diuji) merupakan pendekatan integration testing ...
a. top down integration testing
b. bottom up integration testing
c. incremental integration testing
d. Big Bang integration testing

5. Pada akhir tahun 2003, lahirlah UML versi 2.0 dengan total model diagram sebanyak 13. Terdapat penambahan dari versi 1.x adalah, kecuali…
a. composite structure diagram.
b. package diagram.
c.  interaction overview diagram.
d.  state machine diagram.

6.  Yang merupakan Bagian dari konsep dasar object orientation analysis and design adalah...
A. Inheritence
B. Modularitas
C. Association dan Aggregation
D. Enkapsulation

7. Dibawah ini yang bukan merupakan pendekatan testing adalah
a. Test Implementation
b. Integration Testing
c. Architectural Validation
d. System Demonstration

8. Hubungan dua arah antar class yang hubungan tersebut digambarkan sebagai garis yang menghubungakan class-class tersebut adalah pengertian dari diagram....
a. Realization
b. Association
c. Dependency
d. Generalization

9. Pengujian terhadap integrasi sub-system, yaitu keterhubungan antar sub-system merupakan proses testing ….
a. Acceptance Testing
b. Sub-system Testing
c. Unit testing
d. System Testing

10.  Suatu hubungan antara general thing (superclass atau parent) dan thing lainnya yang lebih spesifik adalah definisi dari …
a. Association                                      c. Dependency
b. Realization                                       d. Generalization

11.  Berikut ini yang manakah metode dalam UML :
1. Metode James Gosling ( Gosling )
2. Metode James Rumbaugh ( OMT )
3. Metode Grady Booch ( Booch )
4. Metode Ivar Jacobson ( OOSE )
Manakah metode yang ada dalam UML …
a. 1, 2, dan 3                                       c. 2, 3, dan 4
b. 1, 3, dan 4                                       d. 1, 2, dan 4

12.  Pada akhir tahun 2003, lahirlah UML versi 2.0 dengan total model diagram sebanyak 13. Terdapat perubahan yang merupakan penyempurnaan dari versi 1.x adalah…
a. composite structure diagram.
b. package diagram.
c. timing diagram.
d. communication diagram.

13.  UML merupakan singkatan dari.....
a. Unified Model Languge
b. Unifier Modeling Languge
c. Unified Modeling Language
d. Unifier Model Languge

14.  Interaction adalah...
a. Mekanisme yang bertujuan umum untuk mengorganisasikan elemen ke dalam group
b. Penjelasan dari bagian UML model untuk memberikan keterangan, ilustrasi dan catatan tentang elemen suatu model
c. Behavior yang menspesifikasikan barisan aliran state suatu object atau interaksi selama proses berlangsung
d. Behavior yang terdiri dari pertukaran pesan (message) antar object pada konteks tertentu untuk memperoleh suatu tujuan

 
15.  Kapan pertama kali istilah software enginering digunakan ....
a. akhir tahun 1950
b. awal tahun 1950
c. akhir tahun 1949
d. awal tahun 1949

16.  Berikut ini yang manakah yang termasuk dalam blok pembentukan UML:
1. Things
2. Relationships
3. Diagram
4. Order
Manakah dari pilihan di atas yang merupakan blok pembentukan UML …
a. 1, 2, dan 3                                      c. 2, 3, dan 4
b. 1, 3, dan 4                                       d. 1, 2, dan 4

17.  Yang dimaksud dengan Search routine - input partitions adalah, kecuali ...
a. Inputs yang sesuai dg pre-conditions
b. Inputs yang tidak sesuai pre-condition
c. Inputs dimana key element ada di dalam array
d. Disebut juga white-box testing

18.  Sesuatu yang mengindikasikan sebuah objek yang akan melakukan sebuah aksi dan dinotasikan berupa sebuah kotak persegi empat yang digambarkan pada garis putus-putus adalah pengertian dari…
a. message.
b. aktor.
c.  lifeline.
d.  activation.

19.  Apa yang Dimaksud dengan Modularitas...
a. memfokuskan pada karakteristik obyek
b. menyembunyikan banyak hal yang terdapat dalam obyek yang tidak perlu diketahui obyek lain
c.  berhubungan dengan abstraksi dan modularitas yaitu pembagian berdasarkan urutan dan pengelompokan tertentu
d. membagi sistem yang rumit menjadi bagian bagian-bagian yang lebih kecil


20.  Pendekatan integration testing menggunakan 2 metode pengujian yaitu
a. Top-down testing dan Bottom-up testing
b. Top-up testing dan Bottom-down testing
c. Right-up testing dan Left-down testing
d. Top-up testing dan Bottom-up testing

21.  Berikut ini yang bukan merupakan block pembentuk UML, yaitu :
a. Relationships
b. Things
c. Diagrams
d. Prototype

22.  Salah satu komponen notasi dasar yang dipunyai oleh use case diagram adalah...
a. aggregation.
b. action.
c.  interaction.
d. assosiation.

23.  Tingkat perawatan komponen perancangan system, kecuali:
a.   Adaptability                                                          c.  Cohesion
b.  Coupling                                                                d.  Supporotability

24.  Elemen fisik yang ada pada saat run-time yang mereperesentasikan suatu sumber komputasi adalah definisi dari …
a. Component                                                                        c. Node
b. Collaboration                                                                      d. Actor

25.  Sebuah organisasi non profit Object Management Group (OMG), mengakui UML sebagai sebuah bahasa pemodelan standar untuk aplikasi berorientasi objek. Kapankah itu terjadi…
a. Juli 1997.
b. Agustus 1997.
c.  Oktober
d. November 1997.

26.  Berikut ini adalah bentuk dari relationships, yaitu....
a. Dependency
b. State Machine
c. A dan B benar
d. A dan B salah

27.  Penggambaran permasalahan maupun solusi dari permasalahan suatu model merupakan definisi dari...
a. Prototype
b. Diagrams
c. Things
d. Relationships

28.  Modeling yang menggunakan notasi standard grafis adalah definisi dari …
a. Visual Modelling                                                            c. See Modelling
b. Node Modelling                                                               d. Eyes Modelling

29.  Yang merupakan bagian organisasi model UML adalah...
a. Structural things
b. Annotational things
c. Behavioral things
d. Grouping things

30.  Testing yang menyediakan tool-tool untuk mereduksi waktu yang dibutuhkan dan total cost pengujian adalah ...
a. testing workbenches
b. interface testing
c. incremental testing
d. Isolation Testing

31.  Koleksi operation yang menspesifikasikan service suatu class atau component adalah definisi dari …
a. Collaboration                                                                        c. Interface
b. Packages                                                                             d. Component

32.  Tipe-tipe maintenance yang meningkatkan mutu system yang dikembangkan
a.  Corrective Maintenance                             c. Adaptive Maintenance
b.  Perfective Maintenance                          d.  Preventative Maintenance

33.  Bagian fisik sistem yang bisa diganti dan menyedikan sekumpulan realization sebagai interface adalah definisi dari …
a. Component                                                           c. Collaboration
b. Active Class                                                            d. Actor

34.  Integration testing terdiri dari, kecuali ...
a.  top down integration testing
b.  bottom up integration testing
c.  incremental integration testing
d.  coalition integration testing

 
35.  “Modeling captures essential parts of the system. “ Pernyataan tersebut merupakan pernyataan dari …
a. James Gosling                                                        c. James Rumbaugh
b. Ivar Jacobson                                                          d. Grady Booch

36.  Pada Object class testing terdapat complete test yang menguji class melibatkan ...
a. menguji object untuk semua keadaan (state) yang mungkin
b. pengujian pada object yang tidak semuanya
c.  testing yang tidak mengandung object
d. Inheritance yang akan mengakibatkan sulitnya pencarian

37.  Sebutkan Tahapan pengembangan sistem mulai dari langkah pertama yang dilakukan...
a. Perancangan-Analisa-Perencanaan-implementasi-pemeliharaan
b. Perencanaan-Analisa-Perancangan-Implementasi-Pemeliharaan
c. Perencanaan-Analisa-Perancangan-Pemeliharaan-Implementasi
d. Perencanaan-Perancangan-Analisa-Implementasi-Pemeliharaan

38.  Level ke tiga pada People Quality — People Capability Maturity Model (PCMM)
a.   Optimizing                                                        c.  Defined
b.    Managed                                                        d.  Initial

39.  Bahasa standard untuk membuat blueprint ( perancangan ) suatu perangkat lunak, merupakan definisi dari …
a. DFD
b. ERD
c. Flowchart
d. UML

 
40.  Proses maintenance basili diantaranya, kecuali
a.   Quick – fix standard                                              c.  metrics maintenance
b.   Full reuse model                                                    d.  iterative enhancement model
Donasi Pada Blog Ini Cukup Mengklik Iklan Yang Ada, Klik Anda Sangat Berguna Untuk Kelangsungan Blog Ini. Terima Kasih

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BANYAK HAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger